Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

No comment 367 views

Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

Masalah perut buncit memang dapat dialami oleh siapa saja, baik pria ataupun wanita memiliki resiko yang sama terhadap masalah ini. Namun perut yang membesar tidak boleh dianggap sepele, karena hal itu menandakan bahwa tubuh Anda tidak sehat dan sangat rawan terhadap berbagai masalah penyakit. Jika ditanya tentang penyebabnya, perut buncit dapat terjadi lantaran faktor gaya hidup yang tidak sehat, sebab makanan yang dimakan dan kurangnya olahraga memang menjadi salah satu penyebabnya. Untuk itu bagi Anda yang peduli akan kesehatan, sebaiknya mulai sekarang Anda harus mengetahui apa saja penyebab perut buncit dan cara mengatasinya agar tidak menjadi sesuatu yang membahayakan bagi kesehatan Anda.

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab masalah perut buncit, diantaranya adalah:

1. Makan dan Ngemil yang Berlebihan di Malam Hari

Kebiasaan makan dan ngemil di malam hari terutama menjelang tidur, sangat tidak dianjurkan. Pada malam hari tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat, bahkan saat tidur organ tubuh tidak bekerja sesuai fungsinya. Jadi ketika Anda makan dan ngemil dalam jumlah yang berlebihan di malam hari, tubuh tidak akan mencerna/membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh, sehingga akan terjadi penumpukan kalori yang dapat menyebabkan perut menjadi buncit.

2. Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama hingga berjam-jam juga bisa menjadi penyebab perut menjadi buncit. Terlebih bagi Anda yang bekerja di depan komputer, resiko mengalami masalah perut buncit akan semakin tinggi.

3. Junk-food

Mengkonsumsi junk-food atau makanan cepat saji yang mengandung kolestrol tinggi juga dapat membuat penimbunan lemak pada tubuh. Lambat laun, timbunan tadi akan mengendap pada perut Anda sehingga perut akan tampak buncit.

Dari semua penyebab perut buncit diatas, maka Anda perlu melakukan tindakan untuk mengatasinya agar tidak menjadi semakin parah. Adapun yang dapat dilakukan dengan:

1. Melakukan pola hidup sehat

Pola hidup sehat dapat dimulai dari makan-makanan yang sehat dan banyak mengandung serat. Serat sangat baik untuk melancarkan pencernaan, sehingga dapat mengurangi timbunan lemak/kalori dalam tubuh. Selain itu membiasakan olahraga seperti aerobik, jogging dan sebagainya juga dapat menghilangkan resiko dari masalah perut buncit.

2. Istirahat yang cukup

Saat Anda duduk lebih dari 2 jam dalam sehari, maka Anda perlu beristrihat untuk menghindari terjadinya timbunan kalori pada tubuh. Istirahat yang dimaksud dengan meninggalkan sejenak tempat duduk Anda seperti berjalan-jalan disekitar lokasi tempat Anda duduk, agar tubuh menjadi lebih aktif melawan tumpukan kalori.

3. Kurangi Makan/Ngemil di Malam Hari

Jika Anda masih suka makan dan ngemil di malam hari menjelang tidur, sebaiknya kebiasaan tersebut Anda lupakan jika Anda memang menginginkan tubuh bebas dari masalah perut buncit. Sebagai gantinya, Anda bisa mengemill buah-buahan atau salad yang memang sangat baik untuk dikonsumsi pada malam hari.

Advertisements

Leave a reply "Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya"