Sabun Cuci Muka yang Bagus untuk Kulit Berjerawat

No comment 889 views

Sabun Cuci Muka yang Bagus

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang hampir dapat terjadi pada setiap orang. Meskipun telah melakukan perawatan wajah yang baik, jerawat masih saja dapat muncul dan mengganggu penampilan. Baik pria ataupun wanita pastinya akan merasa terganggung dengan kehadiran jerawat. Untuk itu perlu adanya upaya dilakukan agar jerawat tidak lagi muncul sehingga wajah tampak mulus dan berseri. Salah satu upaya yang mungkin diperlukan adalah dengan rajin mencuci muka pakai sabun cuci muka yang bagus untuk jenis kulit berjerawat.

Munculnya jerawat pada kulit wajah dapat dipicu oleh banyak hal. Misalnya pada perubahan hormon ketika memasuki masa remaja. Kulit sangat rentan terhadap perubahan tersebut, sehingga wajah dapat lebih mudah ditumbuhi jerawat. Bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi juga sangat berpeluang besar akan mengalami masalah jerawat. Darah kotor yang terbuang saat mens, dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah. Selain itu, jerawat juga dapat muncul karena kurang bersihnya melakukan perawatan wajah. Memang membersihkan wajah dengan mencuci muka pakai air mengalir sudah cukup bagus, akan tetapi penggunaan sabun cuci muka yang bagus juga tetap diperlukan agar kotoran/bakteri penyebab jerawat dapat terangkat dengan sempurna.

Diluar hal tersebut diatas, sebenarnya masih ada banyak sebab lain mengapa jerawat kerap tumbuh di wajah Anda, beberapa diantaranya adalah:

  • Penggunaan alat kosmetik yang tidak sesuai aturan
  • Terlalu sering mencuci muka
  • Terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan yang tidak steril
  • Stress
  • Berkeringat yang tidak segera di lap
  • Pola makan yang tidak sehat
  • Merokok
  • Terlalu lama terkena paparan sinar matahari dan sebagainya.

Dari semua penyebab permasalahan jerawat, mungkin ada salah satunya yang sering Anda alami. Jika seperti itu, maka pantas saja jika jerawat terus muncul di kulit wajah Anda yang mulus. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir karena pasti ada solusi untuk mengatasi masalah jerawat. Sebab jerawat harus segera diatasi, bila tidak permasalahan yang akan lebih serius mungkin saja dapat terjadi. Untuk itu, Anda perlu pahami cara memilih sabun cuci muka yang bagus untuk kulit berjerawat berikut ini:

1. Kenali Jenis Kulit Anda

Hal pertama yang mesti Anda lakukan sebelum memakai sabun cuci muka adalah mengenali jenis kulit Anda sendiri. Sebab, tidak semua sabun cuci muka dapat digunakan pada semua jenis kulit. Jika kulit Anda kering, maka sebaiknya gunakan sabun cuci muka yang mengandung minyak nabati yang aman untuk kulit wajah. Dengan penggunaan sesuai aturan, kandungan minyak dalam kulit akan tetap terjaga dan jerawat pun dapat teratasi dengan sempurna.

2. Kenali Kandungan dalam Produk Pencuci Muka

Produk pencuci muka yang bagus pastinya tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya untuk kulit. Produk yang bagus biasanya mengandung Salicylic Acid atau Asam Salisilat. Salicylid Acid merupakan produk kimia yang berasal dari tanaman pohon dedalu. Kandungan karbohidrat kompleksnya sangat baik untuk mengatasi masalah jerawat dan meregenerasi sel kulit yang telah mati. Selain itu, zat ini juga dapat berfungsi untuk mengurangi peradangan ketika terjadi masalah jerawat, serta mampu mengangkat kotoran (sisa makeup) dari dalam pori-pori, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Jadi bagi Anda yang ingin mencari sabun cuci muka yang bagus untuk mengatasi jerawat, pilihlah sabun pencuci muka yang mengandung Salicylic Acid. Dan untuk hasil yang lebih maksimal, pastikan sebelum Anda menggunakan sabun pencuci muka tersebut, kulit wajah terlebih dahulu di cuci dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit wajah sehingga sabun dapat bekerja dengan lebih baik.

Advertisements

Leave a reply "Sabun Cuci Muka yang Bagus untuk Kulit Berjerawat"