Ini Daftar Makanan Rendah Kalori Untuk Diet Sehat

No comment 605 views

Daftar Makanan Rendah Kalori

Bagi Anda yang sedang menjalani diet, ada baiknya Anda mengetahui daftar makanan rendah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda setiap harinya. Meskipun makanan yang rendah kalori itu cukup banyak, namun Anda juga harus jeli mengidentifikasi makanan apa saja yang memiliki porsi sesuai untuk memenuhi kebutuhan kalori Anda sehari-hari.

Diet kalori sebenarnya mudah saja untuk dilakukan. Cara praktis untuk diet kalori adalah dengan berhenti untuk mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung gula tinggi seperti permen, sirup ataupun minuman bersoda. Agar Anda tetap mendapatkan asupan kalori yang cukup, Anda bisa mengganti makanan-makanan tidak sehat tersebut dengan buah-buahan yang sehat dan mengandung sedikit kalori namun aman untuk tubuh. Tubuh, setidaknya hanya membutuhkan 1.500 kalori setiap hari, artinya untuk memenuhi jumlah tersebut, Anda hanya perlu mengkonsumsi kalori yang berasal dari buah dan sayuran sehat. Sebab, kedua jenis makanan ini adalah yang sangat rendah kandungan kalorinya.

Untuk lebih jelas, berikut daftar makanan rendah kalori untuk Anda yang ingin melakukan diet sehat:

1. Beras Merah

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks dan banyak mengandung serat. Sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama bila dibandingkan saat Anda memakan beras putih. Dalam semangkuk beras merah, terkandung sebanyak 200 kalori dan 23 persen kebutuhan vitamin B6 yang memang diperlukan untuk menjaga kestabilan fungsi organ tubuh dan berperan dalam pembentukan sel darah merah.

2. Brokoli

Sayuran yang kurang diminati karena baunya yang langu dan rasanya yang sedikit pahit ini ternyata mengandung 10 kalori per ons dan tinggi kandungan antioksidannya. Sehingga brokoli sangat cocok dijadikan makanan untuk mereka yang sedang menjalani diet.

3. Wortel

Dalam sayuran yang berwarna orange ini, ternyata mengandung 10 kalori per ons nya. Selain itu itu terkandung juga betakotin yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Untuk kepentingan diet, wortel sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah, atau bisa juga dijus agar kandungan kalori dan zat-zat lainnya tidak hilang percuma.

4. Bayam

Sayuran yang biasa dijadikan sebagai makanan untuk diet ini ternyata mengandung kalori yang sangat rendah, hanya ada 7 kalori per ons nya. Namun bayam memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga bagi yang ingin mengkonsumsinya untuk program diet, bisa menyajikannya dalam kondisi di rebus terlebih dahulu.

5. Tomat

Buah yang sering dijadikan olahan makanan ini ternyata mengandung kalori yang sangat rendah. Hanya ada 4,5 kalori untuk setiap ons-nya. Akan tetapi tomat mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan saat seseorang diet. Sehingga dapat menjaga stamina agar tubuh tidak cepat lelah saat melakukan diet.

Advertisements

Leave a reply "Ini Daftar Makanan Rendah Kalori Untuk Diet Sehat"