Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Program Asuransi Kesehatan

Ada kalanya paara nasabah merasa bingung bagaimana cara memilih sebuah program asuransi kesehatan yang tepat! Hal-hal seperti ini memang dinilai wajar, karena keterbatasan pengetahuan para nasabah tentang manfaat dan fasilitas seperti apa yang sebaiknya mereka pilih untuk program asuransi yang akan diikuti kelak. Ulasan berikut ini tentunya akan memberikan gambaran jelas tentang hal-hal yang sebaiknya diperhatikan ketika memilih sebuah program asuransi.

Asuransi Kesehatan

1. Prioritaskan rawat inap

Hal pertama yang sebaiknya Ada perhatikan pertama kali adalah masalah rawat inap. Masalah rawat inap ini penting untuk Anda perhatikan, karena bagaimanapun juga Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Dengan mengantisipasi mengikuti program asuransi dengan biaya inap seperit ini, setidaknya akan meringankan beban Anda jika salah satu anggota keluarga tiba-tiba terserang sakit atau bahkan kecelakaan dan harus mendapatkan rawat inap.

2. Sebaiknya pilih yang tanpa limit

Biasanya ada limit dalam asuransi kesehatan yang membatasi jumlah maksimum klaim. Biasanya limit yang diberikan oleh perusahaan asuransi ini ada 2 macam yaitu limit dengan biaya perawatan maksimal Rp 250 juta dalam setahun, dan ada juga yang memberikan limit biaya perawatan bedah Rp 10 juta setahun, dll. Namun ada juga perusahaan asuransi yang memberikan kedua limit tersebut pada para nasabahnya.

Untuk Anda sebaiknya pilih perushaan asuransi dengan limit pertama atau Rp 250 juta dalam setahun. Ini akan memberikan kemudahan pada pemegang polis untuk melakukan berbagai macam pengobatan guna mencapai kesembuhan yang diinginkan. Jika menggunakan metode kedua, tentunya akan sangat membatasi pemegang polis untuk melakukan pengobatan.

3. Cashless

Hal berikut nya yang harus diperhatikan adalah proses kalim, untuk memudahkan para pemegang polis melakukan klaim, sebaiknya pilih perusahaan yang menggunakan sistem klaim cashless. Sistem ini akan memberikan kemudahan bagi pengguna polis untuk dirawat di rumah sakit. Yang dimaksud dengan sistem cashless adalah pemegang polis tidak perlu mengeluarkan biaya apapun, hanya perlu menggesek kartu asuransi yang dipegang pada pihak rumah sakit, maka pihak rumah sakit akan langung melakukan klaim terhadap perusahaan asuransi tersebut.

Namun perhatikan sebaiknya pilih rumah sakit yang telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi yang Anda ikuti.

4. Biaya premi sebaiknya sesuai dengan kemampuan

Anda juga sebaiknya memperhatikan biaya premi yang harus dibayarkan setiap bulannya. Mengikuti program asuransi dengan fasilitas komplit tentu menarik dan pastinya akan memberikan berbagai macam kenyamanan untuk Anda dan keluarga untuk masalah kesehatan, tapi biasanya program seperti ini akan memberikan premi atau biaya perbulan yang cukup besar. Masih ada beberapa program asuransi kesehatan lainnya yang juga memberikan pelayanan kesehatan baik, namun dengan harga terjangkau.

5. Perhatikan proses pembayaran premi

Memperhatikan prose pembayaran premi juga perlu Anda perhatikan. Ada baiknya jika proses pembayaran premi menggunakan kartu debet bukanb kartu kredit card. Dengan menggunakan kartu debet, maka Anda dapat mengatur keuangan dengan lebih baik, ketimbang menggunakan kartu kredit card. Tapi jika perusahaan asuransi tersebut memang bekerja sama dengan salah satu kartu kredit tertentu, maka Anda perlu mengatur keuangan dengan lebih bijak lagi.

6. Masa tunggu penyakit

Beberapa perusahaan asuransi memberikan layanan masa tunggu untuk beberapa penyakit tertentu, seperti batu ginjal, saluran kemih, hipertensi, dll. Untuk mengetahui hal-hal seperti ini, Anda dapat menanyakannya ada pihak asuransi kesehatan terkait.

Advertisements