Bingung Karena Kadar Kolesterol Tinggi? Ini Solusinya!

No comment 443 views

Kadar Kolesterol Tinggi

Apakah anda tahu bahwa Kolestrol tinggi adalah salah satu penyebab dalam banyak kasus kematian di seluruh dunia? Ya, Kolestrol apabila tidak cepat-cepat dideteksi dan ditanggulangi memang akan secara otomatis mengundang penyakit-penyakit lainnya untuk menjangkiti tubuh, sebut saja penyakit-penyakit lainnya seperti, Xanthomas, Stroke, Hipertensi dan Jantung Koroner. Secara harfiah bila kita artikan apa yang terjadi pada tubuh ketika mempunyai kadar kolestrol tinggi ialah kadar kolestrol membuat kadar kekentalan darah kita menjadi berada di atas normal, sehingga dapat menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah , dan hasilnya, anggota tubuh yang membutuhkan asupan oksigen dalam darah menjadi terhambat dan terganggu fungsinya sehingga kolestrol tinggi bisa menyebabkan penyakit-penyakit yang telah disebutkan sebelumnya diatas. Lalu bagaimanakah cara terbaik untuk mengatasi atau meminimalisir kemungkinan agar tubuh kita tetap sehat, bugar dan terbebas dari kadar kolestrol yanng tinggi?

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar kita bisa menghindari naiknya kadar kolestrol tinggi dalam darah, akan tetapi mengontrol asupan makanan adalah kunci utama agar kita terhindar dari kadar kolestrol yang tinggi. Makanan yang mempunyai kadar lemak jenuh tinggi adalah ‘musuh’ utama yang sebisa mungkin harus kita hindari, karena kolestrol biasanya menjangkiti orang-orang yang tidak terlalu memperhatikan makanan apa yang ia makan. Banyak sekali orang yang tidak mempedulikan jenis makanan yang mereka konsumsi. Gorengan, fast food, makanan pinggir jalan hingga makanan berlemak tinggi pun terkadang tidak menjadi masalah bagi orang yang gemar makan. Namun, faktanya apabila Anda tidak mengontrol gaya makan Anda, hal ini bisa menyebabkan datangnya penyakit-penyakit yang berbahaya.

Lalu makanan seperti apa saja yang harus dihindari agar kita tidak terjangkit kadar kolestrol tinggi? Ada banyak sekali jenis-jenis makanan dengan kadar lemak jenuh tinggi yang sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari , salah satunya adalah gorengan. Gorengan adalah salah satu contoh makan yang harus kita singkirkan dari menu cemilan kita, karena bila dikonsumsi secara berlebihan dan simultan akan dengan sangat cepat menaikan kadar kolestrol tinggi. Selain gorengan, buah durian pun mempunyai kadar lemak jenuh tinggi yang bisa membuat kadar kolestrol kita naik diatas batas normal. Lalu ada daging merah atau jeroan hewan pun selain terkenal karena kelezatannya, ia pun terkenal karena kadar lemak jenuhnya yang tinggi dan dapat meningkatkan kadar kolestrol didalam tubuh. Makanan-makanan yang telah disebutkan memang sulit dihindari karena kelezatannya, lalu bagaimana bila kita tetap ingin mengonsumsi makanan-makanan tersebut tanpa terkena kolestrol tinggi?

Mungkin tidak sedikit dari pengidap penyakit kolestrol tinggi menghadapi tantangan untuk tidak memakan makanan yang mempunyai kadar lemak jenuh tinggi yang telah disebutkan tadi, ini dikarenakan dampak yang terjadi pada orang yang mempunyai kadar kolestrol tinggi akan merasakan langsung akibat dari mengonsumsi makanan tersebut. Hal tersebut terjadi dikarenakan tidak membutuhkan waktu yang lama bagi makanan yang mempunyai kadar lemak jenuh tinggi ini untuk mentranfusikan lemak jenuhnya kedalam aliran darah, dan akan menybabkan hal fatal terhadap kestabilan fungsi oran tubuh. inilah kenapa, orang yang sudah mempunyai label kolestrol tinggi akan sangat memperhatikan makanan yang ia konsumsi.

Selain menghindari makanan-makanan yang merupakan pantangan kolestrol tinggi, ada baiknya bagi penderita penyakit kolestrol tinggi untuk benar-benar melakukan olahraga rutin disetiap harinya, agar toksin yang ada didalam darah selalu terbarukan dan membuat fungsi organ tubuh selalu dalam keadaan terlatih dan prima, selain itu juga pengonsumsian bahan bahan makanan yang mempunyai lemak-lemak baik yang tidak jenuh merupakan salah satu obat alami untuk menangkal lemak jenuh yang sudah terlanjut mengendap di tubuh kita. Beberapa zat yang mempunyai kandungan seperti asam lemak omega 3, asam lemak omega 6 dan lemak omega 9 dikenal sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh dan mencegah terjadinya pembekuan darah yang menyebabkan penyumbatan, adapun makanan yang mengandung zat tersebut adalah ikan, sayur-sayuran, dan minyak zaitun.

Advertisements

Leave a reply "Bingung Karena Kadar Kolesterol Tinggi? Ini Solusinya!"