Cara Membersihkan Wajah dengan Benar Agar Terbebas dari Jerawat

Cara Membersihkan Wajah dengan Benar

Kulit wajah merupakan bagian dari tubuh yang kerap mengalami masalah. Mulai dari kulit kering, bintik hitam, kulit berminyak hingga kulit berjerawat sering menghantui umumnya bagi kalangan wanita. Bukan rahasia lagi jika kecantikan kulit wajah selalu jadi dambaan setiap wanita, tak jarang demi untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan bebas jerawat, kita tak ragu untuk mengeluarkan uang ratusan hingga jutaan rupiah di salon atau pergi ke dokter kecantikan. Padahal untuk mendapatkan wajah yang bebas jerawat tidak membutuhkan cara yang mahal, yang terpenting adalah Anda sudah mengetahui cara membersihkan wajah dengan benar.

Berbicara tentang perawatan kulit wajah, ada beberapa hal yang disarankan oleh pakar kecantikan:

  1. Pilih cleanser yang sesuai. Meskipun ada anggapan jika semua cleanser itu sama, namun faktanya adalah tidak semua cleanser bisa digunakan oleh setiap orang. Dalam memilih cleanser, pastikan bahwa cleanser itu sesuai untuk jenis kulit Anda. Ini bertujuan untuk mencegah hal-hal diluar harapan seperti iritasi kulit atau bahkan menjadi salah penyebab munculnya jerawat.
  2. Usahakan rambut tidak menyentuh wajah. Kondisi rambut yang kotor akibat aktifitas di luar ruangan atau menggunakan Helm saat berkendaraan terkadang bisa menjadi penyebab kulit berjerawat. Hal ini dapat terjadi ketika ujung rambut menyentuh kulit wajah/menutup wajah sehingga bakteri/kuman dari rambut berpindah ke kulit wajah. Dalam waktu yang lama, hal tersebut dapat menjadi penyebab timbulnya permasalahan kulit termasuk jerawat.
  3. Membasuh wajah dengan air hangat. Sebelum menggunakan sabun/cleanser pembersih wajah, sebaiknya basuh wajah dengan air hangat. Tujuannya agar pori-pori kulit terbuka sehingga kotoran dapat terangkat dengan mudah. Selanjutnya Anda dapat menggunakan sabun/cleanser yang sesuai dengan kulit wajah Anda.
  4. Gunakan sabun/cleanser khusus untuk kulit berjerawat. Menggunakan sabun pencuci muka/cleanser khusus kulit berjerawat sangat disarankan. Formula yang terkandung dalam pembersih muka diyakini efektif untuk mencegah atau menghilangkan jerawat pada wajah. Namun satu hal yang pasti, hindari menggunakan pembersih wajah yang mengandung Merkuri atau Hydroquinone, karena produk tersebut sama sekali tidak memberikan manfaat yang baik untuk kulit wajah Anda, dan cenderung hanya akan menambah permasalahan baru bagi kulit wajah.
  5. Hati-hatilah ketika membersihkan wajah yang berjerawat, jangan sampai jerawat tersebut terluka atau pecah, sebab jerawat yang pecah akan berpengaruh pada munculnya jerawat-jerawat baru disekitar kulit wajah, terlebih di area dekat jerawat yang pecah tadi.
  6. Gunakan handuk basah dan air dingin. Jika semua tahapan sudah Anda lakukan dengan benar, akhiri dengan membersihkan wajah dengan handuk basah yang telah dibasahi dengan air dingin. Ini bertujuan agar pori-pori yang terbuka tadi, dapat kembali tertutup dan mencegah kotoran atau bakteri kembali masuk lewat pori-pori wajah. Setelah itu lap dengan handuk kering dan bila perlu Anda dapat mengoleskan pelembab untuk agar kelembapannya tetap terjaga.

Untuk wajah bebas jerawat, setidaknya Anda membutuhkan waktu 2x sehari untuk membersihkan wajah. Berdasarkan saran ahli kecantikan, waktu yang paling efektif untuk membersihkan wajah adalah pagi dan sebelum tidur. Membersihkan wajah pada pagi hari bermanfaat untuk membuat kulit wajah tampak segar, sedangkan membersihkan pada malam hari berguna untuk mengangkat sisa make up atau kotoran akibat aktifitas di luar rumah.

Advertisements

Leave a reply "Cara Membersihkan Wajah dengan Benar Agar Terbebas dari Jerawat"