Memilih Perlengkapan Makan Bayi yang Aman

No comment 349 views

Perlengkapan Makan Bayi yang Aman

Memasuki usia 6 bulan, biasanya bayi telah diberikan makanan pendamping ASI. Ini perlu dilakukan mengingat kebutuhan makanan/nutrsi untuk bayi usia 6 bulan juga semakin bertambah, maka bayi perlu diberikan makanan yang sehat dengan menu-menu yang beragam. Ketika bayi sudah diberikan makan, perlengkapan bayi berupa alat-alat makan juga seharusnya sudah dipersiapkan lebih awal. Namun Anda harus memperhatikan apakah peralatan makan bayi yang akan diberikan sudah aman dan bebas dari bahan-bahan berbahaya.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih alat makan yang aman untuk bayi:

1. Hindari Peralatan Makan Bayi yang Terbuat dari Bahan Melamin

Dalam memilih alat makan untuk bayi, hal utama yang harus Anda ketahui adalah jenis/bahan yang digunakan untuk membuat peralatan makanan tersebut. Hindari perlengkapan makan bayi yang mengandung melamin. Perlu diketahui, penggunaan melamin pada peralatan makan bayi sudah dilarang sejak lama. Melamin mengandung partikel-partikel berbahaya yang akan bereaksi ketika terkena air atau makanan panas. Sedangkan makanan bayi biasanya diberikan dalam kondisi panas/hangat, untuk itulah bahan yang terbuat dari melamin wajib dihindari.

2. Pastikan Alat Makan Bayi Berlabel BPA Free

Peralatan makan bayi berbahan plastik umum diberikan dan sangat mudah didapat, namun Anda juga harus perhatikan apakah bahan plastik yang digunakan pada alat makan sudah aman atau belum. Saat ini banyak beredar alat makan yang terbuat dari plastik. Bahan plastik dipilih selain murah juga lebih tahan lama. Namun apabila Anda memilih untuk menggunakan alat makan dari bahan plastik, maka pilihlah alat makan bayi yang berlabel BPA Free. Ini dikarenakan label BPA free yang ada pada alat makan menunjukkan bahwa peralatan tersebut sudah bebas dari zat kimia berbahaya, yang akhirnya akan berpengaruh besar pada kesehatan anak.

3. Peralatan makan bayi dari bahan Stainless

Jika peralatan makan bayi dari plastik berlabel BPA Free sudah aman, bagaimana dengan dengan peralatan dari bahan stainless? Secara kimia, alat makan dari bahan stainless memang lebih aman, namun perlu diperhatikan, pilihlah bahan stainless yang tebal dan berpinggiran tumpul. Hal ini bertujuan untuk keamanan bayi yang pada usia memasuki 9 bulan punya kebiasaan menggigit alat makannya sendiri seperti mangkuk dan sendok. Maka dari itu hindarilah memberikan alat makan stainless yang tajam (tidak rata) termasuk garpu.

Advertisements