Inilah Keutamaan,Doa, Puasa Rajab Serta Peristiwa Penting Yang Terjadi Pada Bulan Ini

Bulan rajab

Rajab merupakan satu dari 4 bulan Haram dalam penanggalan Islam. Pada bulan ini, tepatnya mulai tanggal 8 April 2016, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan Puasa Rajab, seperti yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Pada bulan Rajab, ada peristiwa penting yang wajib kita  ketahui, yakni peristiwa Isra Mi’raj.

Dikutip dari lama szaktudas.com (8/4), Dibulan ini umat Islam dianjurkan untuk mengerjakan amal-amal baik, diantaranya puasa Rajab. Sejumlah hadis yang memerintahkannya, cukup bisa dibikin landasan terkait keutamaan puasa di bulan ini. Sementara itu, Imam Al-Ghazali pada karya besarnya, Ihya’ Ulumuddin mengungkapkan kalau kesunnahan mengerjakan puasa menjadi lebih kuat ketika dikerjakan pada hari-hari utama, yang didapatkan pada tiap tahun, bulan, serta minggu.

Tentang dengan putaran bulanan ini All Ghazali mengungkapkan, seperti Rajab. Sementara itu, masih tentang shaum di bulan ini, Imam Al-Nawawi Mengungkapkan didasarkan pada sahih riwayat bila Rasul menyenangi mengerjakan shaum serta semakin giat ibadah di bulan haram. Maka Rajab adalah salah satunya. Dengan demikian sepanjang tak terdapat larangan khusus shaum dan ibadah di bulan ini, maka tak terdapat satu kekuatan untuk melarangnya.

Doa Bulan Rajab

doa Bulan rajab

Ketika mengawali Rajab, tentunya kebanyakan Muslim terbesit bahwa di bulan ini terjadi peristiwa Isra Mi’raj, dimana umat Islam dihadiahi Sholat 5 waktu setelah Nabi menjalani peristiwa itu, yang terjadi terjadi di 27 Rajab ini, dari pendapat yang paling populer. Nah adapula peristiwa lainnya yang juga bersejarah di bulan di 27 Rajab 583 H, yaitu terjadi pembebasan Baitul Maqdis Palestina. Oleh tangan Shalahuddin al Ayubi beserta kaum muslimin lainnya mengelilingi serta bebaskan tanah Palestina yang sesudah sekian abad dalam genggaman tangan pasukan salibis. Umat Muslim pun akhirnya bisa hidup lagi untuk mengerjakan syariah Islam.

Keistimewaan Puasa Rajab

keutamaan Bulan rajab

Adapun tentang keistimewaan puasa saat Rajab, terdapat banyak sekali seperti yang kami sertakan dalam gambar diatas. Rajab adalah waktu untuk menambah giat ibadah, menambah semangat menuju ke yang lebih baik, dan perubahan yang lebih baik itu cuma bakal muncul bila berasal dari sistem kehidupan yang baik, sepeti di contohkan Nabi di bulan ini menjadi semakin giat beribadah.

Doa/Niat Puasa Rajab 2016 dan Artinya

“NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA”

Artinya:

“Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta’ala”

Advertisements

Leave a reply "Inilah Keutamaan,Doa, Puasa Rajab Serta Peristiwa Penting Yang Terjadi Pada Bulan Ini"