Harga BBM Pertamax Turun Rp 200 Per Liter Mulai 30 Maret 2016

Harga BBM Pertamax Turun Rp 200 per Liter

Untuk yang kesekian kalinya, Pemerintah kembali menurunkan harga BBM sebesar Rp 200 untuk jenis Pertamax. Penurunan harga BBM Pertamax ini meliputi Pertalite, Pertamax 92, Pertamax Plus dan Pertamina Dex yang dijual di angka Rp 7.500 per liter.

Dikutip dari Sidomi.com (29/3), Keputusan pemerintah menurunkan harga Pertamax ini disampaikan oleh Direktur Pemasaran PT Pertamina, Ahmad Bambang. Dikutip dari detik.com, ia menyebut, harga BBM non PSO akan turun per 30 Maret pukul 00.00 WIB.

“(Harga BBM non PSO seluruhnya) turun juga, besok kita turunkan semua produk. Pertalite jadi Rp 7.100/liter. Pertamax jadi Rp 7.500/liter.”

Pengumuman turunnya harga BBM non PSO ini hanya berselang sehari sebelum rencana penurunan harga Premium dan Solar. Ahmad Bambang juga menyebutkan, Pertamina sudah menyiapkan stok BBM non PSO yang melimpah, mengingat kemungkinan adanya lonjakan pembeli Premium dan Solar setelah pengumuman penurunan harga.

Ditambahkan Ahmad Bambang, “Mulai besok (Rabu 30 Maret 2016), BBM non PSO sudah kami turunkan dulu (sebelum BBM Premium dan Solar) dan kami isi penuh. (Dengan demikian) Kalau Premium kosong (masyarakat) ada pilihan lain.”

Terkait dengan penurunan harga Premium dan Solar, Ahmad Bambang mengungkap, pemerintah sepakat untuk tidak memberi harga yang turun signifikan. Hal ini disesuaikan dengan kondisi terkini, karena kemungkinan harga minyak melonaj lagi pada periode berikutnya.

“Saya melihat masyarakat lebih mementingkan stabilitas (harga BBM), boleh naik turun asal tidak tajam. Kami usulkan (agar harga BBM pada) April ini turun tapi nggak dalam. (Dengan demikian) nanti (ketika ada penetapan harga baru pada) Juli nggak usah naik nggak apa-apa Pertamina rugi dulu. Kewenangan ada di pemerintah.”

Advertisements

Leave a reply "Harga BBM Pertamax Turun Rp 200 Per Liter Mulai 30 Maret 2016"