Peringatan Hari Lahir Hidesubs Yagi, Penemu Antenna Yagi di Google Doodle Hari Ini

Hidesubs Yagi, Penemu Antenna Yagi

Jika anda membuka halaman pertama situs Google hari ini 28 Januari 2016, maka Anda akan menemukan logo Google yang berbeda dari biasanya. Google Doodle hari ini memperingati hari kelahiran Hidesubs Yagi sang penemu Antenna Yagi. Nah, siapa sebenarnya Hidesubs Yagi ini?

Dikutip dari halaman Wikipedia.org, Hidesubs Yagi dilahirkan di Osaka, Japan pada tanggal 28 Januari 1886. Dia memperoleh Engineering Degree dari Tokyo Imperial University ( sekarang Tokyo University ) pada usia 24 tahun. Karirnya dimulai sebagai guru di Sendai Engineering High School. Setelah mengajar selama 4 tahun, Menteri Pendidikan Jepang saat itu, mengirimnya ke Eropa untuk belajar. Hidesubs Yagi pergi ke German untuk belajar Resonant Transformer yang digunakan pada Transmitter. Dia bekerja bersama Heinrich Barkhausen yang sedang mempelajari Vacum Tube CW Oscillation. Karena pecah Perang Dunia I pada tahun 1914, Hidesubs Yagi kemudian meninggalkan German dan pergi ke Inggris dan bekerja pada J.A Flemming di London. Flemming telah menemukan Vacuum Diode dan sudah digunakan sebagai Detector pada Radio. 2 tahun kemudian, Hidesubs Yagi pergi ke Amerika untuk bekerja pada George W Pierce di Harvard University. Pierce adalah penemu Pierce Oscillator. Selama di Amerika, Hidesubs Yagi bergabung dengan Institute of Radio Engineers ( IRE ), sekarang IEEE, sehingga dia bisa mengakses berbagai macam informasi. Sekembalinya ke Japan, Hidesubs Yagi meneruskan karirnya sebagai Pengajar dan Peneliti. Dia memperoleh gelar Doctor pada tahun 1921.

Hidesubs Yagi, Penemu Antenna Yagi

Dalam penelitiannya, Hidesubs Yagi dibantu oleh Team yang sangat excellent, diantaranya Shintaro Uda dan Kinjiro Okabe. Hidesubs Yagi dan Shintaro Uda menemukan suatu antenna yang bisa memperbaiki arah pancaran antenna ( directivity ), yaitu dengan penambahan parasitic element pada antenna Dipole, berupa Reflector dan Director. Dengan penambahan parasitic element, maka forward gain akan meningkat tajam dan Front to Back Ratio juga meningkat. Dia kemudian mengajukan hak paten atas penemuannya di Japan pada 28 Desember 1925 dan di Amerika pada September 1926.

Hak paten dari Japan diperoleh pada tahun 1926 dan dari Amerika diperoleh pada 24 Mei 1932. Sejak itu, antena Yagi-Uda digunakan secara komersial mulai tahun 1933. Profesor Hidesubs Yagi juga mempunyai call sign yaitu J7AA dan merupakan anggota JARL (Japan Amateur Radio Leaque).

Advertisements

Leave a reply "Peringatan Hari Lahir Hidesubs Yagi, Penemu Antenna Yagi di Google Doodle Hari Ini"