Mantan Dubes RI Djoko Susilo Meninggal Dunia

No comment 317 views

Mantan Dubes RI Djoko Susilo Meninggal Dunia

Innalilahi wa ina ilaihi rojiun, Indonesia kembali kehilangan putra terbaik bangsanya. Selasa, 26 Januari 2016 Mantan Dubes RI Djoko Susilo meninggal dunia akibat serangan jantung yang sudah lama diidapnya.

Dikutip dari RMOL.com, Jenazah mantan anggota DPR RI yang juga eks wartawan Jawa Pos ini masih berada di RS Ali Sibro, Jalan Warung Silah, Jakarta Selatan.

Sejak bertugas sebagai Dubes di Swiss pada Maret 2010 (sampai 2014), lelaki kelahiran Boyolali, 6 Juli 1961, ini dikenal lewat beberapa gebrakannya. Salah satunya gencar mempromosikan budaya Indonesia. Setidaknya ada 14 pameran berskala internasional di Swiss sepanjang tahun 2011. Dalam setiap pameran, Indonesia mendapat kuota lima UKM.

Gebrakan nyata Djoko Susilo lainnya menyangkut pengembangan sumber daya manusia dan pengatahuan. Djoko menggelar kerjasama dalam pengadaan beasiswa pendidikan di Swiss. Djoko terus meningkatkan kerjasama bilateral Indonesia-Swiss sehingga hambatan perdagangan kedua negara terus berkurang. Sementara di internal KBRI, Djoko terus memperbaiki pelayanan sehingga birokrasi menjadi mudah.

Ia juga pernah dengan tegas menolak kunjungan kerja DPR yang asal-asalan. Bila kegiatan yang dilakukan kurang dari 70 persen waktu kunjungan, Djoko langsung memberi instruksi: tidak usah diurus rombongan Dewan yang hanya mau berwisata, dan jangan menstempel formulir surat perintah perjalanan dinas-bukti pertanggungjawaban penggunaan dana untuk perjalanan itu. Sikap keras Djoko ini langsung mendapat reaksi keras dari Wakil Ketua DPR saat itu, Priyo Budi Santoso dan fraksi-fraksi di DPR.

Kiprah nasionalnya terakhir adalah ketika duduk sebagai salah satu anggota Tim 9 bentukan Menpora Imam Nahrawi. Saat itu ia menjadi sorotan karena menyebut PSSI dan klub-klub Liga Super Indonesia (LSI) sebagai sarang mafia dan tempat pencucian uang. Ia kemudian ditunjuk kembali menjadi anggota Tim Transisi Tata Kelola Sepakbola Nasional.

Advertisements

Leave a reply "Mantan Dubes RI Djoko Susilo Meninggal Dunia"