Heboh, Patung Budha Berkepala Gus Dur

No comment 654 views

Patung Budha Berkepala Gus Dur

Sebuah pageleran seni mendadak menjadi kontroversi lantaran menampilkan beberapa patung Budha namun dengan tampilan wajah mirip mantan presiden RI ke-4, Gus Dur.

Patung ini, bersama tiga patung Gus Dur lainnya ditampilkan dalam gelar seni budaya bertajuk ‘Multisesigusdurisme’ di Studio Mendut Jumat, 5 Februari 2010.

Pembuat patung “Mata Hati Gus Dur”, Cipto Purnomo mengaku sangat mengagumi sosok Gus Dur. Pembuatan patung kontroversi ini tidak ada niatan untuk menyinggung umat Buddha.

Menurut Cipto, patung Buddha berkepala Gus Dur tersebut lebih menggambarkan sosok Gus Dur yang pluralis, bisa diterima masyarakat dan gambaran kebaikan.

“Kenapa kok Gus Dur sosoknya seperti Buddha, karena menurut saya, Buddha adalah penggambaran tentang kebaikan. Dan penggambaran Gus Dur yang pluralisme dan disayangi oleh banyak orang serta diterima oleh umat manapun,” kata dia kepada VIVAnews, Selasa 9 Februari 2010.

Ketika ditanya apakah ada niatan untuk menyinggung agama Buddha lain, dia dengan tegas menjawab sama sekali tidak ada niatan ke arah sana.

“Oh ya jelas tidak ada niatan seperti itu,” terang pemilik sanggar pahat batu Jati Wayang yang beralamat di Tangkilan, Prumpung, Muntilan, dengan nada tegas

Bahkan, dirinya mengaku bingung jika nantinya dituntut maaf karena memang niat awal membuat patung tersebut adalah niat yang bagus dan baik tanpa ada kepentingan.

“Kalau saya memang salah ya saya minta maaf. Tetapi, saya bingung, karena semua kembali ke niatan awal saya yang baik. Ya gimana ya…,” terang dia dengan nada bingung.

Patung “Mata Hati Gus Dur” yang memiliki ukuran 100 x 90 meter itu, menurut dia, dengan terjadinya kontroversi ini belum ada niat untuk dijual.

Bahkan, patung tersebut sampai saat ini masih terdapat di Studio Mendut milik Sutanto Mendut.

Advertisements

Leave a reply "Heboh, Patung Budha Berkepala Gus Dur"