Ini Deretan Artis yang Gagal Lolos di Pilkada Serentak 2015

Deretan Artis yang Gagal Lolos di Pilkada Serentak 2015

Pilkada Serentak 2015 yang berlangsung pada 9 Desember 2015 ternyata tidak berjalan baik seperti yang diharapkan. Tercatat ada beberapa wilayah di Indonesia yang harus ditunda lantaran hanya memiliki sepasang calon walikota dan wakil walikota serta ada pula wilayah yang hampir 100% penduduknya memilih golput.

Namun diluar dari itu, ternyata tidak sedikit calon waliko tan wakil walikota yang berlatar belakang artis. Dari hasil penghitungan cepat (Quick Count), ternyata tidak semua artis yang lolos di Pilkada Serentak 2015. Lantas siapa saja artis yang gagal lolos putaran pertama Pilkada serentak 2015? Berikut deretan namanya.

1. Helmi Yahya

Pasangan Helmi Yahya-Muchendi kalah dalam perhitungan suara sementara di Pilkada Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Dari hasil hitung cepat pilkada, pasangan calon bupati dan calon wakil bupati nomor urut satu, Helmy Yahya-Muchendi Mahazareki hanya meraih 46,1 persen.

Hasil hitung cepat yang dilakukan lembaga konsultan politik Charta Politika, pasangan nomor urut dua AW Noviadi Mawardi–Ilyas Panji Alam meraih 49,4 persen, kemudian pasangan nomor urut tiga Sobli Rozali-Taufik Toha meraih 3 persen

Helmi Yahya sebelumnya sudah dua kali mengikuti Pilkada. Pada tahun 2008, Helmy yang berpasangan dengan cagub Syahrial Oesman kalah dalam Pilgub Sumsel. Sedangkan pada tahun 2010, Helmy juga kalah saat mengikuti Pilkada Ogan Ilir berpasangan dengan calon wabup Yulian Gunhar.

2. Miing Bagito

TB Dedy Suwandi Gumelar atau kerap disapa Miing ini maju di Pilkada Kabupaten Karawang. Dalam perolehan suara hasil hitung cepat dari Cyrus Network, ternyata anggota grup lawak Bagito yang diusung PDI Perjuangan, Hanura dan PBB ini hanya mampu menempati posisi ketiga dengan 18,61 suara.

Pasangan yang meraih suara terbanyak adalah pasangan Cellica Nurrachadiana dan Ahmad Zamakhsari dengan 50,65 persen suara. Pasangan Saan Mustopa-Iman Soemantri yang berada di posisi dua dengan 19,69 persen.

3. Maya Rumantir

Maya Rumantir maju di Pilkada Provinsi Sulawesi Utara. Namun Maya yang berpasangan dengan Glenny Kairupan hanya menempati posisi ketiga dari hasil hitung cepat. Pilkada Sulut dimenangi pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw dengan sekitar 52 persen suara.

Advertisements