Bongkar Skandal Papa Minta Saham, MKD Laporkan Najwa Shihab ke Bareskrim

Najwa Shihab Dilaporkan MKD ke Bareskrim

Skandal Papa Minta Saham, menyeret nama jurnalis Najwa Shihab. Najwa diduga telah membocorkan surat laporan Menteri ESDM, Sudirman Said dan transkrip pertemuan antara oknum Anggota DPR dengan perwakilan PT Freeport Indonesia, melalui tayangan di Mata Najwa Metro TV, Senin (16/11).

Dikutip dari Republika.co.id (18/11), dalam acara tersebut, Sudirman sempat mengkonfirmasi foto yang ditunjukan adalah surat laporan yang diserahkan ke MKD. Atas bocornya laporan dan transkrip ini, Wakil Ketua MKD, Sufmi Dasco Ahmad, berniat melaporkan Najwa Shihab kepada Bareskrim Polri. Namun, Margiono, menyarankan hal tersebut sebaiknya tidak perlu dilakukan.

“Tidak perlu dan tidak usah. Tidak ada alasan yang mendasar untuk melakukan itu (pelaporan ke Bareskrim). Dimana tindak pidananya dan tindak kejahatannya?” kata Margiono saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (17/11).

surat laporan Menteri ESDM Sudirman Said
Tidak hanya itu, Margiono menilai, yang ditampilkan Najwa Shihab sudah sesuai dengan prosedur jurnalistik dan dari sisi kode etik. Lebih lanjut, Margiono mengungkapkan, bagi wartawan ataupun jurnalis bisa mendapatkan data atau bukti yang terkait dengan informasi publik adalah sebuah prestasi tersendiri.

“Tapi, dia (Najwa) kan sudah melakukan konfirmasi ke Sudirman Said. Dia sudah melakukan uji informasi. Di kode etik disebutkan soal uji informasi, dan dia sudah melakukan itu,” ujar Margiono.

Sebelumnya, MKD berencana melaporkan kasus bocornya surat laporan Menteri ESDM. Menurut MKD, dalam tata cara beracara MKD, setiap surat laporan dan dokumen-dokumen terkait harus dirahasiakan, karena itu sudah menjadi dokumen negara.

Advertisements

Leave a reply "Bongkar Skandal Papa Minta Saham, MKD Laporkan Najwa Shihab ke Bareskrim"