Awas Jebakan Paket True Unlimited Smartfren

No comment 1340 views

Paket True Unlimited Smartfren

Buat Anda pengguna smartphone, sebaiknya mulai berfikir panjang untuk menggunakan paket True Unlimited Smartfren (4G). Pasalnya seorang pengguna paket True Unlimited merasa tertipu karena pihak Smartfren tidak transparan dalam menyampaikan pesan Syarat dan Ketentuan Berlaku (SKB).

Diposting melalui akun facebook Amril Nuryan, ia menjelaskan tentang kronologi penipuan yang terjadi:

@Amril Nuryan

Saya adalah satu korban tidak transparannya Smartfren memberlakukan SKB yang tersembunyi. Nomor smartfren saya adalah 088242469404.

Tanggal 3 nopember saya ke Galeri smartfren makassar karena tertarik dengan promosi True Unlimited Smartfren yang menjual paket internet itu seharga 75.000/bulan tanpa batas quota dengan syarat membeli salah satu handphone Andromax atau Hisense Pureshotnya.

Setelah membaca syarat dan ketentuannya, saya tanyakan ke Customer Services yang melayani saya, apakah paket ini bisa di share via HP (Thetering/Hotspot), jawabnya “bisa pak” asal tidak dipindahkan ke modem atau digunakan untuk P2P (torrent). Setelah menimbang-nimbang, akhirnya saya mengambil Hisense Pureshot dan CS mendaftarkan paket internet True Unlimited dengan harga 75.000.

Tapi saya hanya menggunakan internet dengan kecepatan tinggi ini selama 3 hari, setelah itu masalah mulai muncul, tanggal 6 nopember, kecepatan internet yang katanya True Unlimited itu tiba tiba dibatasi hanya 256kbps. Saya kembali ke Galeri Smartfren untuk komplain, disana CS juga tidak bisa memberikan jawaban, dan akhirnya mempertemukan saya dengan bagian tekhnikalnya yang bernama saudara Andra, dia meminta nomor saya yang katanya masalah ini akan di bawa ke pusat.Dua hari kemudian, Andra menghubungi saya via WA yang katanya saya “melanggar” aturan karena melakukan THETERING, itu dianggap sama dengan memindahkan kartu ke modem/router. Saya tidak terima dengan alasan itu, karena diawal pembelian saya sudah menanyakan dan itu bukan hal yang dilarang, tapi saudara Andra pun tidak bisa memberikan solusi yang jelas, dia hanya bilang itu informasi dari pusat.

Selanjutnya pada tanggal 8 nopember saya menelpon ke 888 untuk pelaporan mengenai masalah ini, setelah laporan saya diterima, beberapa jam kemudian ada teknisi yang menelpon saya, tapi karena lagi sibuk, saya tidak sempat menerima panggilan tersebut. Saya kemudian mencoba speed test dengan harapan speed sudah kembali normal, dan voila, speed internet tiba tiba normal kembali, tapi sayang, speed normal itu hanya di berikan antara pukul 18.00-21.00, diluar jam itu, speed internet saya kembali di limit, dan speed PHP itu hanya diberikan selama 2-3 hari..

Saya kembali menelpon 888 dan menanyakan hal itu, seperti biasanya teknisi menghubungi saya kembali dan bilang masalah ini akan di investigasi, dan itu berulang ulang saya lakukan sampai 5 kali dan tidak pernah ada solusi sama sekali.

Smartfren tidak punya aturan jelas soal True Unlimited ini, satu CS bilang Thetering tidak apa-apa, tapi CS lain bilang Thetering melanggar, padahal jelas SKB yang dipublish di website Smartfren menyatakan bahwa yang tidak boleh dilakukan adalah memindahkan kartu ke modem/router atau menggunakannya untuk Peer2Peer (Torrent), yang lucu, ada seorang CS mengatakan mendownload dengan software Internet Download Manager adalah bagian dari Peer2Peer, ini menunjukkan ketidakpahaman CS Smartfren terhadap Product Knowledge mereka sendiri.

Tidak ada batasan yang jelas yang diberikan kepada customer, hanya soal P2P dan penggunaan pada Modem yang gamblang, saya tidak melanggar kedua aturan itu, tetapi kenapa speed internet saya dilimit sampai 256kbps tanpa alasan yang jelas.

Satu lagi logika absurd smartfren dalam memberlakukan aturan, misalnya soal dilarang menggunakan di modem/router, apa bedanya dengan menggunakan di HP yang notabene punya modem dan fungsi routing juga ? salah satu CS di Galeri Smartfren mengatakan bahwa kalau di modem, user bisa menggunakan untuk mendownload file2 besar, lah emang di HP gak bisa?

Dari kejadian tersebut, Amril menyimpulkan bahwa pihak Smartfren setengah-setengah dalam menjual paket True Unlimited Smartfren ini. Kata-kata “TRUE” dan “Tanpa FUP” hanyalah gimmick marketing saja, semua aturan yang dipublish pun menggunakan kata bersayap, multi tafsir, sehingga menimbulkan kesalahpahaman.

Advertisements

Leave a reply "Awas Jebakan Paket True Unlimited Smartfren"