Fantastis, Inilah Biaya Produksi Pembuatan Film Animasi Adit & Sopo Jarwo

Film Animasi Adit & Sopo Jarwo

Siapa yang tidak kenal dengan film animasi Adit & Sopo Jarwo?

Yah, film ini memang begitu disukai oleh setiap orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Film animasi asli Indonesia ini sarat akan pesan moral dan mendidik, serta dibumbui dengan adegan homor yang menggelitik. Namun tahukah Anda berapa biaya produksi pembuatan film animasi Adit & Sopo Jarwo?

Dikutip dari Sidomi.com (30/10), film yang dibuat MD Animation tersebut perlu dana dan SDM yang tidak sedikit jumlahnya. Kualitas gambar animasi Adit & Sopo Jarwo bisa disetarakan dengan kartun Upin & Ipin dari Malaysia. Bos MD Entertainment dan MD Animation, Manoj Punjabi, mengatakan bahwa film animasi Adit & Sopo Jarwo memang tidak ingin dibuat asal-asalan. Walhasil dirinya siap merogoh kocek lebih banyak dari pembuatan sinetron.

“Animasi, problem terbesar (adalah) duitnya. Satu menit animasi Adit&Sopo Jarwo ini cost-nya sama dengan 40 menit sinetron,” ujar Manoj, seperti dikutip laman Tempo.

Menurut Manoj, anggaran dan kualitas sebuah film animasi sangat berbanding lurus. Tidak heran jika kualitas film Adit & Sopo Jarwo tidak seculun kartun lokal lainnya.

“Pokoknya kami ingin kualitas Adit&Sopo Jarwo terus meningkat setiap episodenya, walau cuma satu persen. Tapi ya gitu, kami harus berani. Saya kayak makan buah simalakama, mau bikin quality bagus, tapi cost-nya juga besar,” katanya.

Manoj mencontohkan, duit sebanyak Rp 2 miliar sudah bisa dipakai membuat sebuah film bioskop maupun sinetron. Tapi untuk animasi sekelas Adit & Sopo Jarwo masih kurang anggarannya. Perlu diketahui, satu episode animasi ini yang berdurasi 7 menit perlu waktu satu bulan untuk menyelesaikannya. Itu pun didukung oleh 300 animator. MD Animation tetap memromosikan film animasi ini meski sudah dapat jatah tayang reguer di sebuah televisi swasta.

“Kami ingin MD Animation ini jadi markas yang menampung ribuan animator. Saya tahu animator Indonesia itu jago banget art-nya. Tapi, kami butuh investor yang punya confidence besar seperti kami,” tutur Manoj.

Advertisements